Menggambar Teknik 3D dengan CAD -Wisnu Suryaputra, S.Pd.
Rotasi 3 dimensi/command:rotate3D
Perintah rotasi 3 dimensi digunakan untuk merotasi suatu benda dengan berpedoman pada suatu sumbu.Pada rotasi 3 dimensi ini paling mudah jika kita menggunakan aturan tangan kanan yang digenggamkan dengan ibu jari tetap tegak, arah ibu jari merupakan arah sumbu, sedangkan arak genggaman adalah arah rotasi (arah rotasi selalu berlawanan arah jarum jam)
Skema Rotasi 3 dimensi
Untuk pengisian data pada perintah eksekusi dapat diskemakan sebagai berikut ini :
Command: rotate3D Current positive angle: ANGDIR=counterclockwise ANGBASE=0 Select objects: …… found (jumlah obyek yang akan dirotasi 3 dimensi) Select objects: Specify first point on axis or define axis by [Object/Last/View/Xaxis/Yaxis/Zaxis/2points]: (jenis sumbu/obyek rotasi) Specify a point on the X axis <0,0,0>: (titik pusat rotasi) Specify rotation angle or [Reference]: (besar sudut rotasi yang diinginkan)
Duplikasi masal obyek 3 dimensi/command:3darray
Perintah duplikasi masal, selain digunakan untuk obyek duplikasi pada media 2 dimensi yang bertumpu pada sumbu x dan y, dapat juga digunakan untuk duplikasi masal dalam 3 sumbu (x, y dan z). Perintah duplikasi masal dapat digunakan untuk type rectangular ataupun polar.
Command: 3darray Select objects: 1 found (garis a) Select objects: 1 found, 2 total (obyek b) Select objects: Enter the type of array [Rectangular/Polar] <R>:p (POLAR) Enter the number of items in the array: 10 Specify the angle to fill (+=ccw, -=cw) <360>: Rotate arrayed objects? [Yes/No] <Y>: Specify center point of array: (titik 1) Specify second point on axis of rotation: (titik 2)
Duplikasi 3 dimensi type polar
Command: 3darray
Select objects: 1 found
Select objects: 1 found, 2 total
Select objects:
Enter the type of array [Rectangular/Polar] <P>:r
Enter the number of rows (—) <1>: 2
Enter the number of columns (|||) <1>: 1
Enter the number of levels (…) <1>: 3
Specify the distance between rows (—): 40
Specify the distance between levels (…): 60
Duplikasi 3 dimensi type retangular
Pencerminan 3 dimensi/command:mirror3d
Pencerminan atau mirror sering kita gunakan untuk menduplikasi obyek dengan jalan mencerminkannya pada suatu sumbu ataupun suatu obyek bantu. Untuk pencerminan 3 dimensi dapat dilakukan pada sumbu x, y dan z. Pencerminan 3 dimensi dapat dilakukan pada suatu obyek yang tertutup (lingkaran, persegi, polygon maupun suatu polyline), sumbu Z, sumbu XY, sumbu YZ, sumbu ZX atau menggunakan 3 titik acuan pencerminan.
Command: mirror3d Select objects: …… found (benda yang akan dicerminkan) Select objects: Specify first point of mirror plane (3 points) or [Object/Last/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points>: (pilih sumbu atau obyek tertutup yang akan digunakan sebagai acuan) Specify point on XY plane <0,0,0>: (pilih titik acuan pencerminan) Delete source objects? [Yes/No] <N>: