Saturday 24 March 2012

Pengenalan CNC Training Unit 3 Axis (TU 3A)

Mesin Computer Numerically Controlled secara garis besar dapat didefinisikan sebagai suatu mesin perkakas yang mempunyai gerak otomatis dan dikontrol dengan bahasa numerik dan dikendalikan oleh sistem komputer, disebut sebagai mesin CNC TU 3A, karena mesin ini merupakan mesin frais dan mempunyai tiga sumbu utama yaitu : sumbu x, y dan z.
Mesin CNC TU 3A sering kita kenal dengan nama mesin CNC Frais F1, mesin ini dibuat oleh EMCO Industrial Training- EMCO MAIER GmbH pada tahun 1982, kemudian pada tahun 1985 mulai dikembangkan EMCOTronic F1 pada CNC F1P, kemudian mulai tahun 1988 dikembangkan mesin CNC VMC 100 dan VMC 200.

Mesin CNC TU 3A (CNC Frais F1)

Sistem Persumbuan Mesin Frais (CNC TU 3A)
Mesin CNC TU 3A adalah mesin Training Unit yang menggunakan 3 Axis atau sumbu. Pada sistem persumbuan ini, letak atau posisi dari sumbu mengacu kepada posisi tegak lurus kepala tegak dengan meja mesin, ketika terjadi pergeseran posisi kepala tegak, maka letak posisi persumbuan akan mengikuti ke arah mana kepala tegak tersebut bergeser.
 
Sistem persumbuan Mesin Frais Tegak dan Datar

Bila kita perhatikan, letak posisi ke-3 sumbu utama dari mesin frais CNC TU 3A diatas, dapat kita simpulkan sebagai berikut :
  1. Sistem Persumbuan pada Mesin Frais Tegak (posisi spindel utama tegak lurus dengan meja mesin), sumbu x mempunyai arah gerakan memanjang pada meja mesin (dengan panjang langkah maksimal sampai dengan 199,99 mm atau 7,999 inchi), sedangkan sumbu y mempunyai arah gerakan meja melintang mendekati ataupun menjauhi tiang mesin (dengan panjang langkah maksimal sampai dengan 99,99 mm atau 3,999 inchi) dan sumbu z mempunyai arah  gerakan spindel utama kepala tegak mendekati ataupun menjauhi meja mesin (dengan panjang langkah maksimal 199,99 mm atau 7,999 inchi).
  2. Sistem Persumbuan pada Mesin Frais Datar (posisi spindel utama sejajar dengan meja mesin), sumbu x mempunyai arah gerakan melintang mendekati ataupun menjauhi meja mesin (dengan panjang langkah maksimal sampai dengan 99,99 mm atau 3,999 inchi), sedangkan sumbu z mempunyai arah gerakan memanjang pada meja mesin (dengan panjang langkah maksimal 199,99 mm atau 7,999 inchi ) dan sumbu y mempunyai arah gerakan spindel utama kepala tegak mendekati ataupun menjauhi meja mesin (dengan panjang langkah maksimal 199,99 mm atau 7,999 inchi).


Daftar Isi:

1 Comments
Tweets
Komentar

1 comments:

Jelly Gamat Gold G said...

infonya sangat bermanfaat sekali gan

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons