Senin, 19 Maret 2012

DASAR-DASAR ELEMEN MESIN

Bagi yang belum begitu tahu benar tentang apa sesungguhnya yang dimaksud dengan kata mesin (machine), tentu akan mengira bahwa mesin hanya sebagai pemberi tenaga gerak (motor). Khususnya terdapat pada kendaraan bermotor (seperti: mobil, sepeda motor, kapal laut/udara).
Dari segi bahasa,Mesin adalah suatu alat yang dikonstruksikan sedemikian rupa, agar dapat mengubah / meneruskan bentuk tenaga, guna meringankan pekerjaan manusia. Dengan demikian, mesin dan perangkatnya ternyata sangat dekat dan banyak digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Contohnya yang sederhana adalah engkol / pengunci jendela dan sebagainya. Mulai dari peralatan memasak di dapur sampai alat-alat kedokteran di rumah-rumah sakit. Dari peralatan penyelam bawah laut sampai komponen-komponen penunjang hidup di antariksa.
Elemen mesin merupakan perangkat / alat yang membetuk/ membangun suatu mesin, yang direncanakan dan diatur dengan tepat, sehingga dapat bekerja sebagai satu kesatuan, sesuai keinginan perancangnya.
Keberhasilan dalam membangun mesin-mesin baru yang lebih baik, sangat tergantung dari kemampuan kerja (kinerja)nya dan tentu saja harus melebihi yang sudah ada. Pelaksanaannya dilakukan melalui teknik modifikasi, berupa perbaikan dari segi bahan yang digunakan, konstruksi, sistematika kerja dan lain-lain. Dalam merancang mesin, hal ini menjadi tujuan utama yang harus dicapai. Agar mesin-mesin baru tersebut dapat bersaing dipasar, tentu saja harus memiliki nilai ekonomis diseluruh sektor pembiayaan, baik dari segi produksi maupun operasionalnya.
Proses perancangan mesin memakan waktu yang lama. Dimulai dari proses menggali, mengumpulkan dan mempelajari ide / gagasan yang muncul, sampai kepada proses pembuatan (manufakturing). Ide / gagasan biasanya muncul akibat benturan permasalahan yang dihadapi seseorang saat merancang. Kemampuan seseorang dalam menelorkan ide / gagasan, selain didukung oleh kemampuan analisa dan intelektualnya, juga sangat erat kaitannya dengan pengalamannya dalam merancang. Ini tentunya berpengaruh besar pada kualitas hasil rancangannya.
Dalam mempersiapkan rancangan, para insinyur mesin harus benar-benar mempertimbangkan ketersediaan sumber-sumber yang dimiliki, seperti : dana, sumber daya manusia serta material yang ada, demikian juga dengan aspek komersial, agar ide rancangan dapat diwujudkan menjadi kenyataan, bermanfaat besar bagi manusia dan mampu bersaing dipasaran.
Begitu banyaknya elemen yang membentuk suatu mesin, juga berbagai macam sifat material dan konstruksi yang dimilikinya. Maka tidak heran, dibutuhkan begitu banyak keterlibatan para perancang dari berbagai bidang disiplin keilmuan, seperti: Fisika, kimia, material, ergonomi, mesin, manufakturing, manajemen dan lain-lain.
Bagi seorang insinyur mesin, untuk menunjang keberhasilannya dalam merancang, juga dibutuhkan pemahaman yang baik dari berbagai disiplin ilmu tadi. Paling tidak ia harus melengkapi dirinya dengan pemahaman tentang :
1.      Ilmu dan Teknologi Kekuatan Material
2.      Menggambar Mesin
3.      Fisika Mekanika
4.      Teknologi Mekanik
5.      Pengetahuan Bahan (Material Teknik)

 Tujuan Pengajaran Elemen mesin 1 
  • Memahami dasar-dasar perhitungan rancangan elemen mesin, berupa : gaya, tegangan, regangan dan lain-lain.
  • Mengenal macam-macam sambungan yang digunakan dalam komponen mesin serta memahami perhitungan rancangannya.
  • Mengenal dan memahami ujuk kerja, mendeteksi bagian-bagian yang penting serta menguasai metode perhitungan kekuatan berbagai jenis poros, kopling tetap dan pegas.
 Buku Pegangan / Buku ajar
·         R.S. Khurmi dan J.K. Guppta, A Text Book of Machine Design, Eurasia Publishing House, New Delhi, 1987.
·         M.F. Spoots, Design of Machine Elements, Prentice-Hall, Marubeni, 1986.
·         Gustav Nieman, Machine Element, Design and Calculation, vol.I/II, Springer Verlaag.
·         Sularso dan Kiyokatsu Suga, Dasar-dasar Perencanaan Elemen Mesin, ITB Bandung.


Daftar Isi:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons