Saturday 7 April 2012

MENGENAL TAMPILAN MASTERCAM X

"Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta"
Mungkin pribahasa ini cocok dijadikan alasan untuk memulai mengenalkan Mastercam X. Tampilan didalam program mastercam x mungkin tidak jauh berbeda dengan tampilan program-program umum lainnya. Terdapat menu bar, Graphics window, toolbar, manager tab dan lain sebagainya. Silahkan perhatikan gambar screen shoot dibawah ini.


1.Graphic Windows


Disinilah tempat bekerja membuat object 2D/3D, melihat, memodifikasi gambar atau ukuran dan toolpaths pada saat pembuatan toolpaths programs. Disana terdapat tampilan sumbu coordinat XYZ, informasi plane kerja dan skala tampilan gambar dalam bentuk metrik atau inch dan lainnya.
Latar belakang hitam dapat di ganti dengan warna yang lain atau gradasi 2 warna secara horizontal atay vertical.

2.Toolbar
Tempat fungsi tools yang sering digunakan untuk bekerja membuat object dan dilambangkan dalam icon-icon kecil. sehinggal lebih praktis dan cepat dalam memilih dan menjalankan fungsi tools.

3.Ribbon bar
Ada yang bilang dialog box, menu ini akan muncul jika anda mengoperasikan salah satu fungsi tools, sehingga isi dari ribbon bar ini berubah-ubah sesuai dengan fungsi tools yang anda gunakan. Disini juga terdapat fungsi-fungsi yang lain seperti ukuran, point-point dan lain-lain untuk mendukung fungsi tools yang akan anda gunakan.
misalkan.
Saat memilih fungsi tools line akan berbeda tampilan ribbon bar saat memilih fungsi tools art atau trim.

4.Status Bar
Berisikan informasi atribut garis, ketebalan, jenis garis, coordinat system, plane, warna serta layer. Disini juga anda dapat merubah atribut parameter dari garis atau object yang anda buat.

5.Toolpaths dan solid manager

Terdapat history dan fungsi yang digunakan saat pembuatan object dalam bentuk solid. Terdapat juga macam-macam fungsi toolpaths yang ada gunakan programer saat pembuatan program. Me-manage semua element dari pekerjaan pembuatan object.


Saya anggap cukup pengenalan dari tampilan Mastercam X, untuk lebih lanjut anda dapat mempelajarinya.


Daftar Isi:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons