Sunday 1 April 2012

ALTERNATIF ATASI LISTRIK PADAM

Wahai pemirsa yang budiman ( halah, macam acara talkshow saja, wkwkwkw :P ), pernahkah anda sekalian ketika lagi enak – enaknya nonton TV, tiba – tiba “pet” ngga ada angin ngga ada hujan TV mati. Pernahkah anda sekalian ketika pergi ke toilet di tengah malam, tiba – tiba “pet” ngga ada angin ngga ada hujan keadaan sekeliling tahu tahu gelap gulita macam di dasar samudera terdalam. Yeah itulah yang dinamakan peristiwa listrik padam alias PELITA, wah jadi ingat jaman Pak Harto dulu,,, bensin murah,,, beras murah,,, cabe murah,,, rakyat sejahtera,,, hussss nglantur,,, kembali ke lap-top.
Tentu saja hal ini bikin suasana hati macam mesin mobil yang overheat alias kepanasan alias jengkel 18 keliling, hehe, sabar masbro, mbaksis.
Setiap permasalahan pasti ada solusinya, buat atasi listrik padm untuk sementara waktu, manfaatin aja sepeda motor atau mobil buat pengganti sumber daya listrik sementara untuk menghidupkan perabotan yang membutuhkan listrik, seperti : TV, kulkas, kipas angin, lampu, dan kawan kawannya.

Caranya sebagai berikut : 

Yakni memasang inverter pada aki kendaraan yang disebut barusan.
Inverter adalah alat yang mengubah arus listrik searah ( DC ) alias listrik baterai/aki menjadi arus listrik bolak balik ( AC ) alias arus listrik PLN.
Cara pemasangannya seperti gambar di bawah ini :


Nah, sekarang sepeda motor atau mobil kita berubah fungsi menjadi genset sementara, iya saya sebut genset karena di bagian mesin sisi bawah mobil/motor terdapat komponen semacam generator seperti pada genset, yang cara kerja dan fungsinya juga mirip dengan genset,
Berdasar pengalaman, untuk suzuki satria FU150 , 1 liter bensin bersubsidi alias premium ( maklum, saya juga orang susah, hehe :D ) bisa dipakai sekitar 1 jam untuk beban 30 % ( misal inverter 1000 watt dipakai untuk beban 330 watt ).
bisa dipakai buat ngidupin 1 TV 14 inch 60 watt, 1 laptop, 2 buah lampu philip yang kaya ulir selama sekitar 2 jam.

Untuk lampu philip, TV, dan semua  peraboian elektronik yang akan dinyalakan tersebut saya buatkan rangkaian tersendiri, tidak jadi satu dengan rangkaian kelistrikan di rumah saya, soalnya kalo dijadikan satu dengan rangkaian listrik rumah, bisa korsleting ntar.


Caranya beli colokan gulung merk Broco, trus lampu, TV, laptop dan peralatan elektronik yang akan dinyalakan  nanti listriknya diambil dari colokan tersebut yang terhubung ke inverter di kendaraan kita. Tidak jadi satu dengan  rangkaian kelistrikan di rumah. Jadinya aman.

SO, LISTRIK PADAM,, NO PROBLEMO,,, !!
Sekian dari saya, kritik dan saran sangatlah saya perlukan untuk perbaikan ke depan, karena apa yang saya sampaikan pasti benyak kurangnya, kurang lebihnya saya minta maaf,
wabillahitaufiq walhidayah
wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
 
 
 
 
 


Daftar Isi:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons