Kamis, 29 Desember 2011

MENYETEL KLEP


MENYETEL KLEP

Setting Klep Yamaha New Vega R

Tarikan motor sangat berpengaruh dengan setelan klepnya, jika tepat akan didapat tarikan optimal sekaligus bensin yang pembakarannya optimal, jika tidak tentu akan mengalami masalah-masalah seperti tarikan tersendat, akselerasi lambat dan top speed yang tidak semestinya. Sekarang mari kita stel klep motor kita sesuai standar pabrik dari Yamaha, sekaligus sedikit perubahan agar tarikan lebih dashyat.

Tentu pertama-tama siapkan kunci-kunci dahulu.

1. Kunci T ukuran 17
2. Kunci Ring ukuran 8
3. Kunci ukuran 24
4. Tang



5. Coin 500, ring baut besar untuk
membuka baut girboks
6. Filler gauge
7. Penahan mur klep

Pertama-tama kita buka dulu dua buah baut plastik yang terletak disebelah kiri girboks motor Vega R atau Jupiter Z. Yang kecil buka dengan koin 500 rupiah, yang besar buka dengan ring baut ukuran besar yang bisa dibeli dibengkel-bengkel motor. Stelah terbuka siapkan kunci T ukuran 17.

Putar baut yang ada didalam girboks berlawanan dengan putaran jarum jam, rasakan torsinya ketika diputar. Tandanya adalah ada rasa berat, setelah putaran ada rasa berat putar secara perlahan dan pastikan tanda TOP pada lubang kecil yang tadi kita buka tepat pada posisinya, jika kelewatan atau salah, putar lagi kearah berlawanan putaran jarum jam, gunanya untuk memberikan ruang yang tepat bagi klep untuk distel.

Setelah itu jangan diutak-atik lagi biarkan pada posisinya, jangan memutar ban belakang. Kemudian buka tutup klep dengan kunci 24 yang sudah disediakan maka akan terlihat klep yang biasa diutak-atik oleh mekanik dibengkel resmi. Kini kita akan mencoba menyetelnya sendiri. Siapkan Filler gauge, kunci ring 8 dan penahan baut klep.

kendorkan dahulu baut klep dengan kunci ring 8 setelah itu masukkan filler gauge ukuran 0,05 lalu putar baut klep dengan kuncinya hingga terasa menekan filler, dan coba tarik-tarik filler, jangan sampai terlalu kencang. Maka kita sudah dapatkan ukuran klep sebesar 0,05 tapi kita akan menyetelnya dengan ukuran standar pabrik yaitu antara 0,07 hingga 0,09 yang biasa saya pakai adalah 0,08 Karena tidak ada ukuran 0,8 pada filler yang biasa dijual kita terpaksa melakukannya dengan feeling saja. kendorkan sedikit setelan tadi. dan coba masukkan filler ukuran 0,10 jika tidak dapat masuk maka insya Allah udah dapat ukuran 0,08 atau 0,09 gunakan feeling anda untuk mengira-ngiranya dan jika jika filler ukuran 0,05 terasa sedikit kendor dan yang ukuran 0,10 tidak dapat masuk. Maka hasilnya sudah didapatkan sebesar 0,07 - 0,09. Setelah itu kencangkan lagi dengan menahan baut klep dahulu sambil mengencangkan mur ukuran 8 tersebut hinga mengunci dan coba ulangi lagi, jika berubah ulangi lagi.

Untuk klep keluar pastikan ukurannya lebih lebar 0,01 dari klep masuk. saran saya jangan lebih dari 0,1 untuk mendapatkan suara yang tidak berisik dan tarikan yang bagus. Serta tarikan atas yang tidak terlambat, karena klep buang yang terlalu renggang dapat membuat tarikan atas loyo. Lagian kalau terlalu lebar klep buangnya justru akan membuat tarikan atas loyo namun akselerasi cepat.

Yang terbaik setelan klep adalah 0,07-0,08 untuk klep masuk dan 0,08-0,09 untuk klep keluar.

Setelah itu pasang lagi semuanya sesuai kondisi semula, pastikan semua terpasang dengan kencang dan tepat. Kemudian sesuaikan setingan gas karburator dengan setelan klep. Putar grip gas setengah atau seperempat putaran kemudian putar setelan gas karburator dengan arah berlawanan putaran jarum jam sebesar antara 1 - 2 putaran kekiri. Setingan yang tepat akan didapatkan ketika suara motor terasa terus naik ketika grip gas ditahan. pada ukuran tertentu. Caranya coba putar kearah berlawanan jarum jam setelah putaran gas karburator mentok dan gas motor hingga seperempat kemudian tahan, dan rasakan hingga suara gas terus naik, kemudian jika terasa turun maka setingan sudah didapat, tinggal putar sedikit kearah kanan pada lengkingan suara yang paling tinggi tadi. Untuk Yamaha Mio klep in 0,06 dan klep out 0,09


Daftar Isi:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons