Thursday, 9 October 2014

PERANCANGAN TEKNIK

Design adalah memecahkan hal-hal yang belum pernah dipecahkan sebelumnya atau memecahkan masalah dengan cara yang berbeda (D.E. Dieter, Engineering design)
Design             ~ membuat sesuatu yang belum pernah dibuat
~ kelebihan design adalah gabungan antara seni dan pengetahuan
~ jika ingin dipatenkan harus yang mutahir
~ sebuah design memerlukan analisis dan sintetis (penggabungan problem)
Design operasi/contoh: ~ system untuk spesifik
~ model memecahkan masalah dengan konsep matematika
~ membuat model prototype yang sesungguhnya kemudian dilakukan pengujian penghancuran
Outcomes: ~ computer print out
~ sketsa kasar
~ gambar jadi
Langkah proses design:
1.      Pengenalan kebutuhan
2.      Mendefinisikan masalah
3.      Mengumpulkan informasi (gathering information)
4.      Membuat konsep
5.      Evaluasi
6.      Representasi design
1.      Pengenalan kebutuhan
~ dari customers
~ masukan dari operasi sendiri
~ asosiasi perdagangan
~ dari konsultan luar
~ agen pembelian
~ agen pemerintahan
Kebutuhan muncul akibat ketidakpuasan dari yang sudah ada, tujuannnya untuk menghemat pengeluaran, menambah kinerja/performa dan kepercayaan, reliability
 
2.      Mendefinisikan masalah
~ mengenal massalah yang paling kritis
~ mendefinisikan masalah seluas mungkin
~ seluas mana anda mendefinisikan masalah tergantung oleh keterbatasan waktu dan biaya, masalah yang penting, dan posisi organisasi
definisinya         ~ mendefinisikan beberapa teknik
                           ~ menulis kembali masalah
3.      Mengumpulkan informasi (gathering information)
~ mengidentifikasi masalah yang dibutuhkan
~ informasi yang dibutuhkan diperoleh dari beberapa sumber
~ informasi terbaru
~ informasi yang terpenting adalah sponsor dari R&D (penelitian dan pengembangan)
Massalah yang didapat dari informasi:
“dimana mendapatkannya, sejauh mana menemukan informasi, keputusan yang diambil dari informasi”
4.      Membuat konsep
~ pada tahap ini harus menentukan mekanisme, elemen, proses, atau konfigurasi sebuah design untuk dapat memenuhi kebutuhan yang diperlukan
~ kuncinya yaitu kreatif
~ sudah melibatkan rumus model untuk analisis atau experiment
 ~ Aspek penting disini yaitu sintetis dimana mengambil elemen-elemen design konsep dan menggabungkannya. Sintetis adalah proses creative.
Saran Gordon L. Glegg
~ jangan mengikuti proses tradisional yang ada, harus mencari jalan yang lain
~ menggabungkan atau mendesign material untuk konstruksi design
~ ketika menemukan masalah kompleks, maka pecahkan secara kecil-kecil
 
5.      Evaluasi
~ melibatkan analisis design secara menyeluruh
~ memerlukan computer kalkulais atau analytical mode
~ melibatkan pemilihan, pengujian (experiment) atau pemodelan design/prototype
~ cek yang diperhatikan, yaitu: -     secara matematika –artmatika dan eqution
-          Secara engineering 
6.      Presentasi design
MORFOLOGI DESIGN
Tahap I: (uji kelayakan)
            ~ untuk meninisiasi design
            ~ dengan tujuan memperjelas kebutuhan, kelayakan ekonomi, engineering dan fisika
            ~ langkah ini biasa disebut design konsep
Tahap II: (konsep awal)
            ~ harus sudah ada penentuan yang jelas fisika proses
            ~ bisa dikatakan sudah tahap pengujian
Tahap III: (mendetail design)
            ~ pengaturan, bentuk, toleransi, dan kekasaran sudah ditentukan
            ~ material yang dibutuhkan dan proses pengerjaannya
            ~ orang-orang manufacture sudah berkolaburasi dengan design dari biaya dan material
Tahap IV: (perencanaan manufacture)
            ~ metode manufacture sudah bisa ditentukan
~ sudah ada lembaran proses, apa urutan prosesnya dan peralatan mesin yang akan digunakan 
~ sudah ada pendekatan orang manufacture, industry, material, dan mechanical engineering
~ mendesign spesialisai peralatan dan pemegangnya
~ mendesign aliran proses terbaru
Tahap V: (merencanakan untuk manufacture)
            ~ merencanakan produksi control
            ~ menentukan standar waktu dan biaya
            ~ menentukan kualitas system control
Tahap VI: (merencanakan kebutuhan)
            ~ nyaman dalam penggunaan             ~ ekonomi operasi
            ~ nilai seni                                           ~ produk yang aman
            ~ mudah perbaikannya                        ~ service produk
            ~ design menarik
           
           
Tahap VII: (memensiunkan produk)
            ~ bagaimana membuang produk pada akhir pakainya
            ~ umur pakai ditentukan dari aus/actual penggunaan
 
 

No comments:

Post a Comment